Dasawarsa Merapi

Erupsi besar Merapi tahun 2010 hingga kini tak hanya menyisakan material hasil letusan, tapi juga pembelajaran penting bagi para pelaku kejadian di dalamnya. Pembelajaran itu antara lain berupa manajemen kebencanaan yang melibatkan para pihak. 

Satu dasawarsa berlalu, di saat yang sama kita menghadapi situasi pandemi. Ini menjadi momentum penyadaran kolektif bagi para pihak penanggulangan bencana sekaligus ujian ketangguhan bencana bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Kawasan Rawan Bencana.



Sebagai upaya merawat ingatan mitigasi bencana, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyelenggarakan peringatan erupsi Merapi tahun 2010 bertajuk DASAWARSA MERAPI 2010, Refleksi Erupsi Merapi 2010 di Masa Pandemi.

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya pengurangan risiko bencana dan edukasi kebencanaan Gunung Merapi. Melibatkan para pihak penanggulangan bencana Gunung Merapi di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, akademisi dan peneliti dari perguruan tinggi, sejumlah komunitas kerelawanan di lereng Merapi, media massa, pemerintah desa serta penduduk di wilayah Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi. 

Program

Para pihak penanggulangan bencana Gunung Merapi di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, akademisi dan peneliti dari perguruan tinggi, sejumlah komunitas kerelawanan di lereng Merapi, media massa, pemerintah desa serta penduduk di wilayah Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi akan membahas Gunung Merapi dari aspek vulkanisme, ketangguhan warga hingga manajemen penganggulangan bencana dan sistem peringatan dini.

 

Selengkapnya

Warga di lereng Gunung Merapi merupakan pihak yang paling berkepentingan dengan setiap perkembangan yang terjadi. Bagaimana mereka merefleksikan erupsi Merapi 2010 dengan situasi saat ini, terutama terkait dengan situasi pandemi?

 

Selengkapnya

Merapi punya arti yang berbeda bagi setiap orang yang berinteraksi dengannya. Bisa berarti tempat yang permai, lahan pertanian yang subur, sumber mata air, bahkan sumber penghidupan. Tapi ia kadang bisa membahayakan bagi yang tak paham risiko bencana.

Apa arti merapi bagimu? Ungkapkan dalam video Tiktok yang diselenggarakan untuk mendukung peringatan DASAWARSA MERAPI 2010 mulai 20 Oktober sampai 4 November 2020.

 

Selengkapnya

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) merupakan salah satu pelaku penanggulangan bencana Gunung Merapi. Bagaimana keseharian pekerjaan mitigasi yang dilakukan oleh BPPTKG? Bagaimana pemantauan Gunung Merapi dilakukan? Kegiatan ini membuka kesempatan kepada masyarakat untuk melihat BPPTKG lebih dekat melalui kunjungan virtual.

 

Selengkapnya

Gunung Merapi terletak pada perbatasan empat kabupaten (Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten). Pemerintah melalui BPBD di setiap kabupaten tersebut telah menyusun rencana kontijensi. Bagaimana sistem peringatan dini, konservasi wilayah taman nasional Gunung Merapi dan kesiapsiagaan pemerintah melalui rencana kontijensi tersebut?

 

Selengkapnya